Bagian bagian tubuh udang

udang segar 5Udang merupakan salah satu jenis makhluk hidup yang mengalami ciri-ciri bergerak. Udang memiliki bagian-bagian tubuh yang menunjang pergerakannya sehingga dapat melakukan aktivitas seperti halnya hewan pada umumnya. Apa saja bagian-bagian tubuh udang yang perlu diketahui, berikut ini kami ulas secara singkat.

1) Kepala dada

Tahukah kamu, bahwa pada dasarnya bagian-bagian tubuh dalam udang bisa kita katakan sangat beragam. Namun, keberagaman bagian tubuh udang ini menjadikannya terbagi beberapa kelompok. Yakni tubuh udang bagian kepada dada atau bahasa lainnya kita sebut sefalotoraks dan bagian tubuh udang yang merupakan perut (abdomen). Kali ini kita akan bahasa bagian tubuh udang bagian kepala dada. Nah! Bagian tubuh udang kepala dada sebenarnya ini sudah dapat kita bayangkan bukan, bahwa ia merupakan bagian tubuh atas? Bagian tubuh udang kepala dada ini terdiri dari karapas (terluar udang yang biasanya keras).
Selain karapas, bagian tubuh yang ini memuat kaki berjumlah 5 pasang. Dalam 5 pasang kaki ini terdiri dari sepasang capit udang. Selain itu, udang juga memiliki rahang atas, rahang bawah, serta sepasang antena.

2) Bagian Perut

Selain tubuh udang yang terdiri dari bagian kepala dada, kini bagian tubuh udang yang lainnya adalah bagian perut. Di bagian tubuh udang perut atau abdomen atau bagian tubuh belakang si udang ini juga sama seperti bagian kepala dadanya. Memiliki beberapa bagian tubuh yang terdiri atas fungsi-fungsinya tersendiri. Bagian tubuh udang perut meliputi kaki yang berpasang-pasang berjumlah 5. 5 pasang kaki udang yang ini digunakan untuk berenang. Namun, uniknya pada udang betina, fungsi kaki ini bukan hanya untuk berenang saja, melainkan juga untuk menyimpan telurnya. Selain itu juga terdapat ekor udang.

Pelindung Tubuh Udang
Tubuh udang dilindungi oleh beberapa lapisan, seperti lapisan rangka luar yang keras yang disebut dengan Cangkang. Cangkang udang akar melakukan pergantian secara berkala.

Fungsi abdomen pada udang
Abdomen (Perut) udang berfungsi untuk menyimpan makanan yang sudah dimakan oleh udang, di bagian ruas abdomen terdapat kaki, yang juga digunakan untuk menampung telur udang.

Fungsi antenula pada udang
Antenula pada udang berfungsi sebagai alat indra, dimana antenula ini nantinya akan digunakan untuk mendeteksi keberadaan pakan udang pada saat mencari makanan. Antenula pada udang juga berfungsi untuk mengenali lawan jenis, menghindari serangan dan gangguan yang diakibatkan oleh organisme lain (Predator) dan untuk mempertahankan daerah tempat tinggalnya.
Itulah beberapa penjelasan mengenai fungsi dan bagian tubuh udang yang bisa anda ketahui sebelum usaha udang

Fungsi cephalothrax pada udang

Perlu anda ketahui bahwa cephalothorax merupakan gabungan dari badan dan kepala udang yang menyatu. Cephalothorax terdiri dari 13 ruas dimana 5 ruas pada bagian kepala dan 8 ruas pada bagian dada. Pada bagian badan dan abdomen terdiri dari 6 ruas, jadi setiap ruasnya mempunyai sepasang anggota badan yang terdiri dari kaki renang yang mempunya ruas. Pada ujung ruas ke-enam terdapat 4 ekor kipas dan 1 telson yang berbentuk runcing.

Fungsi ekor pada udang

Udang memiliki ekor yang fungsi untuk mendayung dan berenang melawan arus, ekor nya akan naik turun secara bergantian untuk bisa berenang.

Fungsi cangkang pada udang

Cangkang pada udang berfungsi untuk melindungi udang dari mangsa yang berada di sekitarnya, cangkang udang memiki tekstur yang keras dan kuat.
Morfologi Udang

Berikut ini akan saya tuliskan beberapa morfologi udang yang ada saat ini, seperti udang vaname, udang windu, udang galah, udang putih, dan udang mantis. Simak penjelasannya berikut ini:

1. Morfologi udang vaname

Pada umumnya tubuh udang terdiri dari 2 bagian yaitu bagian kepala dan bagian badan. Bagian kepala menyatu dengan bagian dada yang terdiri dari 13 ruas, dimana 5 ruas untuk bagian kepala dan 5 ruas untuk bagian dada. Bagian dada dan abdomen terdiri dari 6 ruas tiap, setiap ruas segemen mempunyai sepasang anggota badan. Pada bagian ujung ruas ke-enam terdapat ekor kipas 2 lembar dan 1 telson yang berbentuk runcing. Pada bagian kepala dilindungi oleh cangkang (carapace) yang berbentuk runcing dan agak melengkung seperti huruf S dimana bagian ini disebut dengan nama cucuk kepala (rostrum).

2. Morfologi Udang Windu (Penaeus Monodon)

Menurut Morfologis, udang windu terbagi menjadi 2 bagian, yaitu bagian Cephalothorax (bagian kepala) dan Abdomen (bagian perut) berikut ini penjelasannya:

Bagian Cephalothorax Udang Windu

Bagian Cephalothorax yang ada pada udang windu dilindungi oleh kulit chitin yang tebal dan memiliki teksture yang keras, kulit chitin ini disebut dengan nama Carapace. Udang windu juga memiliki cucuk pada bagian kepalanya, adapun bagian lain dari Cephalothorax adalah sebagai berikut:

  • Mata majemuk (Mata Facet) yang bertangkai dan dapat bergerak.
  • Mulut pada bagian bawah kepala yang kuat.
  • Sepasang antena.
  • Dua pasang antennula.
  • Sepasang sirip kepala (Scophocerit).
  • Sepasang alat bantu rahang (Maxilliped).
  • Lima pasang kaki jalan (Pereopoda), pada kaki jalan pertama, kedua dan ketiga dinamakan Chela.
  • Pada bagian dalam terdapat hepatopankreas, jantung dan insang.
  • Bagian Abdomen atau perut Udang Windu
  • Bagian perut Udang Windu memiliki warna berloreng-loreng besar, dan melintang berwarna hijau agak kebiru-biruan. Jika udang windu hidup di alam liar, Udang windu lebih dominan akan berwarna hitam dan memiliki kulit yang lebih keras dan tebal.

Morpologi Udang Mantis (Harpiosquilla raphidea)
Adapun Morpologi Udang Mantis adalah sebagai berikut:
Morpologi Udang Mantis pada umumnya menyerupai krustasea lain, terdiri dari 2 bagian utama yaitu :

Bagian depan (kepala, dada)
Yang menyatu dengan bagian cephalothorax dan bagian abdomen. Pada bagian kepala terdapat 2 pasang antena yaitu pada pasangan pertama terdapat antenullus, tumbuh dan melekar dari labrum yang memiliki cabang dari ujungnya serta berfungsi sebagai sensor dan pasangan kedua berada di bawah antenulla, memiliki ukuran yang lebih pendek dan tidak bercabang seperti pasangan antena pertama.

Tubuh udang mantis pada bagian belakang terdiri dari abdominal somite yang ditutup oleh 6 ruas yang terhubung oleh selaput tipis dan bagian ekor. Pada abdomen bagian bawah terdapat 5 pasang kaki renang (plepoda) yang melekat pada bagian ruas pertama sampai ruas ke lima, sedangkan pada bagian ruas keenam kaki renang udang mengalami perubahan bentuk menjadi ekor kipas uropoda.
Itulah beberapa penjelasan mengenai bagian tubuh udang yang bisa anda ketahui.

Artikel lain :
1. Cara pelihara udang galah
2. 
Cara menurunkan biaya pada budidaya tambak udang
3. 
Cara meningkatkan hasil panen udang
4. 
Cara tingkatkan nafsu makan udang vaname
5. 
Cara meningkatkan bisnis udang
6. 
Parameter Air Yang Bagus budidaya udang
7. 
Cara budidaya tambak udang Galah