Cara budidaya udang air tawar di Rumah

panen udang 4Pencinta makanan laut atau seafood tentu sudah tidak asing lagi dengan udang. Rasanya yang nikmat dan lezat membuat udang sangat digandrungi masyarakat. Bibit Udang Air Tawar dapat dibudidayakan baik di air laut maupun di air tawar. Melihat cukup tingginya minat masyarakat terhadap udang dan makanan olahan dari udang, hal ini bisa Anda jadikan peluang bisnis untuk memulai budidaya udang air tawar di rumah karena jauh dari pantai atau laut.
Seperti sekarang ini, Anda dapat dengan mudah menemukan restoran seafood yang menyediakan udang, ikan, dan segala macam hidangan laut dengan patokan harga yang cukup mahal untuk seporsi hidangan udang. Hal ini tentunya bisa menjadi peluang yang menjanjikan untuk memulai bisnis ternak udang air tawar.

Langkah-langkah Budidaya Udang Air Tawar di Rumah

Anda mungkin berpikir jika budidaya udang air tawar akan sangat merepotkan dan sulit dilakukan di rumah dengan lahan yang terbatas. Anda juga mungkin akan berpikir jika alat dan bahan, serta tempat yang dibutuhkan akan rumit dan memakan biaya yang tidak sedikit. Namun, Anda tidak perlu khawatir lagi, berikut adalah beberapa langkah melakukan budidaya udang air tawar.
Memilih Jenis Udang
Beragamnya udang yang hidup di perairan Indonesia menjadikan peluang sebagai bisnis usaha dan banyak yang membudidayakannya. Apalagi masing-masing jenis udang tersebut memiliki ciri khas dan rasa masing-masing. Mudahnya beternak udang air tawar, banyak orang yang tergiur menangkap dan membudidayakan udang. Berikut ini jenis udang air tawar yang bisa kalian pilih untuk di ternakkan dirumah.
a. Udang galah
b. Vename
c. Udang batu
d. Udang beras
e. Lobster air tawar
F. Menyiapkan Media
Jika memiliki halaman atau ruangan yang cukup luas, Anda bisa membuat kolam untuk membudidayakan udang. Namun, jika memiliki tempat atau ruang yang terbatas, Anda bisa menggunakan akuarium sebagai medianya.

Untuk mempermudah tanpa harus kesulitan membuat akuarium sendiri, Anda bisa membelinya di toko dengan menyesuaikan anggaran yang Anda miliki jika memang tidak memungkinkan untuk membangun kolam. Persiapkan pula sirkulasi air masuk dan pembuangan air pada kolam atau akuarium.

Memilih Bibit Udang

Langkah selanjutnya setelah menyiapkan media, yang perlu di persiapkan adalah pemilihan bibit udang. Pastikan untuk memilih dan menggunakan bibit udang air tawar yang berkualitas dan memiliki tingkat produktivitas yang tinggi. Ada beberapa patokan yang bisa Anda gunakan saat memilih bibit udang air tawar antara lain sebagai berikut.
1. Pilihlah bibit udang yang warna kulitnya cerah mengkilap dan tidak pucat
2. Pilihlah bibit udang yang bergerak dengan lincah dan memiliki nafsu makan yang normal
3. Pilih bibit udang yang memiliki bobot besar dan tidak kurus
4. Menyediakan Pakan yang Bernutrisi
Langkah berikutnya setelah memilih bibit udang air tawar yang berkualitas yaitu menyediakan pakan bagi udang. Agar perkembangan udang-udang yang Anda budidayakan tumbuh dengan baik, perlu memerhatikan asupan gizi dan nutrisinya. Pakan yang bergizi dan bernutrisi akan sangat membantu produktivitas udang yang Anda budidayakan.
Makanan yang baik untuk udang misalnya tepung terigu, rice brean, biji jagung, white germ meal, dan ketan padi. Selain memerhatikan kebutuhan pangannya, Anda juga harus memerhatikan kebutuhan vitamin bagi udang-udang yang Anda budidaya. Tak sedikit para peternak yang belum begitu paham mengenai cara menentukan takaran saat memberi pakan udang. Kenyataannya, pemberian pakan dengan takaran yang sesuai dan seimbang dapat menunjang pertumbuhan udang lebih bagus.

Memerhatikan Tahapan Budidaya Udang Air Tawar

Apabila Anda sudah menyiapkan langkah di atas, tahapan selanjutnya adalah proses budidayanya. Berikut ini adalah langkah atau cara budidaya udang air tawar yang harus Anda perhatikan dan lakukan.
1. Melakukan pembersihan pada akuarium atau kolam sebagai media budidaya.
2. Isi media dengan air tawar yang bersih, setelah itu Anda bisa melakukan pengecekan pH air. Kadar pH air yang ideal adalah pada angka 6-7.
3. Lakukan pengecekan pada suhu air. Idealnya suhu air adalah pada kisaran 25-26 derajat celcius.
4. Siapkan pompa yang biasa digunakan untuk budidaya ikan untuk menyediakan kebutuhan oksigen bagi udang.
5. Masukkan paralon yang sudah berupa potongan untuk tempat bersembunyi udang-udang di dalam kolam atau akuarium.
6. Masukkan bibit udang air tawar ke dalam akuarium atau kolam.
7. Pemeliharaan yang Tepat
Untuk mencapai keberhasilan dalam budidaya udang air tawar di rumah, Anda harus menerapkan perawatan dan pemeliharaan yang tepat. Berilah makanan minimal dua kali setiap harinya pada pagi dan sore. Komposisi pemberian pakan yang tepat adalah 40% pada pagi hari dan 60% pada sore hari.

Cara Perawatan Lobster Air Tawar Kecil

Hal utama yang harus diperhatikan sebagai cara perawatan lobster air tawar kecil adalah kebersihan kolam lobster. Ini dikarenakan lobster air tawar yang masih kecil sangat rentan terhadap gangguan hama dan penyakit. Oleh sebab itu, selalu perhatikan kebersihan air kolam. Sangat disarankan untuk memberikan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan secara rutin agar air kolam terbebas dari bibit hama dan penyakit.
Sebab, Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan mengandung unsur mineral lengkap yang dapat memperbaiki kualitas air kolam, meningkatkan jumlah keanekaragaman plankton, mengandung bakteri permium yang sangat menguntungkan bagi pertumbuhan lobster air tawar, serta terbukti dapat meningkatkan kekebalan/antibodi lobster agar tidak mudah terserang penyakit dan menurunkan angka kematian hingga 99%. Cara pengaplikasiannya adalah dengan menyemprot/siramkan secara merata Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan dengan dosis 6 ml/ m2. Ulangi pengaplikasian setiap 10 hari sekali secara rutin. Setelah 10 hari dalam kolam penetasan, benih dapat dipindahkan ke kolam pembesaran untuk dipelihara selama 2 bulan. Selanjutnya, cara perawatannya dapat disesuaikan dengan cara perawatan lobster air tawar besar.

Cara Perawatan Lobster Air Tawar Besar

Selain pakan, shelter menjadi hal penting yang perlu diperhatikan dalam perawatan lobster air tawar besar. Shelter ini bermanfaat sebagai tempat berlindung dan persembunyian lobster. Shelter ini wajib ada dalam proses budidaya lobster, karena selain untuk persembunyian, shelter ini juga bermanfaat bagi lobster sebagai tempat berlindung ketika mengalami moulting. Dengan begitu, lobster bisa terhindar dari serangan lobster lainnya, terlindung dari sinar matahari langsung, serta mengoptimalkan proses moulting. Sebab, semakin sering lobster mengalami moulting, maka pertumbuhan dan perkembangannya dapat semakin cepat.

Masa Panen Lobster Air Tawar

Masa panen lobster air tawar didasarkan atas tujuan budidayanya. Umumnya, tujuan budidaya lobster air tawar ada dua, yaitu untuk pembibitan dan pembesaran. Pada usaha budidaya lobster air tawar untuk pembibitan, maka bibit dapat dipanen setelah ukuran lobster air tawar mencapai 1 -2 cm, yaitu sekitar usia 20 hari. sedangkan pada usaha ternak lobster air tawar pembesaran, biasanya dapat dipanen pada usia 6-8 bulan dengan berat rata-rata 100 gram ke atas. Meski begitu, ukuran lobster air tawar dapat disesuaikan dengan permintaan pasar. Umumnya, semakin besar ukuran lobster, maka semakin mahal pula harganya.
Itulah beberapa penjelasan mengenai budidaya udang air tawar yang bisa anda coba saat di rumah.

Artikel lain :
1. Cara pelihara udang galah
2. 
Cara menurunkan biaya pada budidaya tambak udang
3. 
Cara meningkatkan hasil panen udang
4. 
Cara tingkatkan nafsu makan udang vaname
5. 
Cara meningkatkan bisnis udang
6. 
Bagian tubuh udang
7. 
Parameter air kolam yang bagus untuk budidaya udang
8. 
Cara budidaya tambak udang Galah