Cara meningkatkan panen udang

Udang segar 8Usaha budidaya udang kian digemari oleh banyak orang. Alasan utamanya adalah keuntungan yang didapat dari budidaya udang sangatlah besar. Namun, untuk memulai budidaya udang juga memerlukan modal yang juga cukup besar.
Tingginya biaya produksi membuat pembudidaya harus pintar-pintar dalam mengatur strategi agar keuntungan yang didapatkan lebih besar dari modal yang dikeluarkan. Salah satu hal yang harus dilakukan pembudidaya untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar ialah dengan meningkatkan hasil panen. Pada tulisan kali ini kami ulaskan sedikit mengenai beberapa tips untuk meningkatkan hasil panen udang.

Penggunaan Microbubble

Microbubble sebagai perangkat pemecah gelembung udara yang kecil dan banyak didalam air, terbukti mampu menyuplai oksigen ke seluruh penjuru tambak. Hal ini akan membuat udang mendapatkan cukup oksigen selama masa pertumbuhannya hingga panen.
Jumlah Oksigen yang cukup tentu akan membuat ekosistem dalam lingkungan air baik mikroorganisme, bakteri maupun udang dapat tumbuh seimbang baik dan optimal. Pembuatan microbubble ini membutuhkan aerator khusus, seperti Turbojet Aerator maupun jenis lain yang dapat anda dapatkan di pasaran.

Pemberian Probiotik

Probiotik merupakan mikroorganisme baik yang dapat menumbuhkan plankton pada tambak. Adanya plankton pada tambak akan memberikan efek positif seperti penurunan kadar nitrat, amonia dan hidrogen yang mana zat-zat tersebut memiliki sifat beracun bagi udang. Produk probiotik yang terbukti bagus untuk meningkatkan populasi plankton pada tambak udang adalah Ariake 3.

Menggunakan Alas Tambak

Tambak yang tidak memiliki alas tentu sangat rentan terhadap pencemaran air tambak. Tercemarnya air pada tambak tentu bukanlah hal yang baik bagi kehidupan udang. Bahkan, fakta menyebutkan bahwa lumpur tambak dapat menurunkan pH air, sehingga air akan memiliki sifat asam. Untuk itu, penggunaan alas pada tambak sangat dianjurkan agar udang tidak mengalami permasalahan. Geomembrane HDPE merupakan lapisan plastik berbahan polyethylene yang sangat tahan terhadap korosi sehingga cocok digunakan sebagai alas tambak udang.
Tips Budidaya Udang Vannamei Cepat Panen Hasil Melimpah

Persiapan Tambak

Pengeringan atau Pengolahan dasar Tambak
Air dalam tambak dibuang, ikan-ikan liar diberantas dengan saponin, genangan air yang masih tersisa dibeberapa tempat harus dipompa keluar. Selanjutnya tambak dikeringkan sampai retak-retak bila perlu dibalik dengan acra ditraktor sehingga H2S menghilang karena teroksidasi.

Pengeringan secara sempurna juga dapat membunuh bakteri patogen yang ada di peralatan tambak.

Pemberantasan Hama

Pemberantasan ikan-ikan dengan sapion 15-20 ppm (7,5-10kg/ha) dengan tinggi air tambak 5 cm.
Pemeliharaan
Selama pemeliharaan udang vannamei, dilakukan monitoring kualitas air meliputi: suhu, salinitas, transparasi, pH dan kedalam air dan oksigen setiap hari. Selain itu, juga dilakukan pemberian pemupukan urea dan TSP susulan setiap 1 minggu sebanyak 5-10% dari pupuk awal.

(urea 150kg/ha) dan hasil fermentasi probiotik yang diberikan seminggu sekali guna menjaga kestabilan plankton dalam tambak. Pengapuran susulan dengan dolomit super dilakukan apabila pH berfluktuasi.

Pakan diberikan budidaya udang vannamei pada hari ke-70 dimana pada saat itu dukungan pakan alami (plankton) sudah berkurang atau pertumbuhan udang vannamei muai lambat. Dosis pakan yang diberikan 5-2% dari biomassa udang dengan frekuensi pemberian 3 kali/hari yakni 30% pada jam 7 pagi dan jam 4 sore serta 40% pada jam 10 malam.

Pergantian air yang pertama kali dilakukan setelah udang berumur 60 hari dengan volume pergantian 10% dari volume total, sedangkan pada bukaan berikutnya hingga panen, volume pergantian air ditingkatkan mencapai 15-20% pada setiap periode pasang.

Sebelum umur pemliharaan budidaya udang vannamei mencapai 60 hari hanya dilakukan penambahan air sebanyak yang hilang akibat penguapan atau rembesan. Kualitas air yang layak untuk pembesaran udang vannamei adalah salinitas optimal 10-25 ppt (toleransi 50 ppt), suhu 28-31 derajat C, oksigen > 4ppm, amoniak <0,1 ppm, pH 7,8-82 dan H2S < 0,003 ppm.

Teknik Meningkatkan Panen Dengan Geomembrane
1. Persiapan kolam/lahan
Kolam udang Vaname dapat diletakkan dimana saja. Anda tinggal menyesuaikan lahan yang anda miliki dengan luas kolam yang akan anda buat untuk budidaya.

2. Pensterilan kolam
Tahap ini dilakukan dengan tujuan memastikan geomembrane yang digunakan nanti tidak berbau plastik. Tahap ini sangat mudah. Cukup isi kolam dengan air lalu diamkan selama dua minggu.Setelah itu buang air tersebut hingga kosong.

3. Fermentasi Kolam
Setelah itu, isi kolam dengan air baru dan lakukan fermentasi (pengembangbiakan plankton) sebagai pakan alami bagi udang.Caranya yaitu beri pupuk nitrogen dan fosfor dengan perbandingan 3 : 1.Plankton yang dihasilkan yaitu jenis Alga Diatomae yang baik untuk pertumbuhan udang

4. Pemilihan Bibit Unggul
Pilihlah bibit yang seragam ukuran dan warnanya serta tidak memiliki cacat fisik.

5. Penebaran bibit
Penebaran sebaiknya dilakukan saat sore hari saat suhu air kolam tidak terlalu panas. Udang membutuhkan penyesuaian dari suhu air plastik ke suhu kolam, maka dari itu celupkan plastik yang berisi bibit ke dalam kolam lalu buka plastik dan diamkan selama 30 menit untuk membuat udang menjadi terbiasa antara suhu udara plastik dan suhu udara luar.Setelah itu sirami plastik secara perlahan dengan air pada kolam untuk membantu adaptasi udang.

6. Proses pemeliharaan udang Vaname
Saat proses pemeliharaan, anda wajib untuk terus memantau suhu,pH dan kadar oksigen terlarut pada kolam. Untuk mencukupi kebutuhan oksigen terlarut udang, sebaiknya kolam dipasang aerator atau kincir air. Suhu air yang ideal untuk pembudidayaan udang adalah 28-30oC sedangkan pH yang ideal agar udang dapat hidup dan tumbuh dengan baik memerlukan pH antara 6.8-8.5.

7. Waktu pemberian pakan
Pemberian pakan pada udang Vaname dapat dilakukan 3x sehari.Jika udang sudah berusia 7 hari. Berilah makanan yang mengandung protein tinggi untuk pertumbuhan udang agar lebih cepat besar.
8. Proses pemanenan
Setelah berumur 4 hingga 5 bulan, udang Vaname sudah dapat dipanen. Bergantung dari permintaan pasar. Semakin lama maka ukuran udang akan semakin besar.
Demikian beberapa penjelasan mengenai cara meningkatkan panen udang yang bisa memberi dampak terhadap usaha anda.

Artikel lain :
1. Cara pelihara udang galah
2. 
Cara menurunkan biaya pada budidaya tambak udang
3. 
Manfaat mengkonsumsi udang
4. 
Cara tingkatkan nafsu makan udang vaname
5. 
Cara meningkatkan bisnis udang
6. 
Bagian tubuh udang
7. 
Parameter Air Yang Bagus budidaya udang
8. 
Cara budidaya tambak udang Galah